diposkan pada : 18-12-2021 16:55:00

Dilihat : kali

Melahirkan adalah proses yang menguras banyak energi dan pikiran. Seringkali kondisi ini membuat Bunda lebih mudah stres dan sensitif sensitif. 

Setelah melahirkan, Bunda juga mengalami perubahan hormon secara drastis yang dapat memengaruhi pada suasana hati (mood swing). Tentu, bukan hal yang mudah ya untuk mengatasi ini Bunda. Terlebih Bunda harus menjaga dan merawat bayi dengan maksimal.

Seluruh faktor itu membuat proses pemulihan pasca melahirkan jadi melambat. Padahal, Bunda butuh energi yang banyak dan metabolisme yang baik agar dapat memberikan ASI eksklusif untuk Si Kecil.

Untuk itu, Bunda perlu mengetahui tips memulihkan tubuh pasca melahirkan demi kesehatan Bunda dan Si Kecil

Masa Pemulihan Ibu Pasca Melahirkan 

Setiap Bunda di dunia ini pasti ingin cepat sembuh setelah melahirkan. Ingin beraktivitas kembali dan memberikan nutrisi terbaik untuk anak. Umumnya, wanita membutuhkan waktu pemulihan sekitar 6-8 minggu pasca melahirkan

  • 0 hingga 6 Minggu

Selama 0 hingga 6 minggu pasca melahirkan, tubuh Bunda akan mengalami anemia serta radang. Ini kondisi yang normal dan wajar dan akan kembali pulih secara bertahap. 

Di masa ini, sebaiknya Bunda konsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi agar terhindar dari anemia. Lakukan perenggangan tubuh dan olahraga ringan seperti jalan kaki 20 menit.

  • 4 bulan pasca menyusui

Di tahap ini hormon tubuh belum pulih sepenuhnya. Gangguan pada hormon ini akan memengaruhi tulang panggul dan tulang sendi yang mungkin akan terasa nyeri. Kondisi ini akan kembali pulih secara perlahan. Penting untuk konsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi, vitamin, dan kalsium untuk tulang dan mencegah anemia selama menyusui. Lakukan olahraga ringan dan hindari stres.

  • 1 tahun pasca melahirkan

Setelah 1 tahun pasca melahirkan, tubuh Bunda akan mulai kembali seperti sedia kala. Hormon kembali seimbang dan nyeri sendi akan berangsur baik. Bunda bisa melakukan aktivitias lainnya dan dapat menambah intensitas olahraga. Penting untuk tetap konsumsi makanan sehat selama program ASI eksklusif.

  • 2 tahun pasca melahirkan

Tubuh Bunda akan terasa bugar kembali. Hormon sudah kembali normal dan Bunda bisa kembali beraktivitas normal. Penting untuk tetap menerapkan pola hidup sehat, terlebih jika Bunda masih dalam program ASI eksklusif. 

Tips Memulihkan Tubuh Pasca Melahirkan

Salah satu faktor yang dapat memperlambat proses penyembuhan pasca melahirkan adalah pola hidup yang buruk. Sering mengonsumsi alkohol dan junk food dapat memengaruhi kesehatan tubuh Bunda. Tubuh tidak mendapatkan nutrisi sehingga menyebabkan sel jaringan tubuh tidak dapat memperbaiki diri. Kalau sudah begitu, Bunda jadi rentan sakit loh.

Penting untuk memerhatikan:

1. Perhatikan pola makan sehat dengan memeenuhi asupan kalori harian sekitar 1800-hingga 2.500 kalori dengan konsumsi makanan kaya karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan serat.

2. Istirahat yang cukup.

3. Konsumsi air putih 3 liter per hari.

4. Olahraga santai seperti berjalan kaki 20-30 menit atau melakukan peregangan untuk meregangkan otot pasca melahirkan. Selain itu, olahraga ringan dapat mengurangi stres sehingga baik untuk kesehatan tubuh.

5. Mandi air hangat.

6. Berjemur di bawah matahari pagi untuk memenuhi asupan vitamin D.

jual obat agar ASI tidak Kering di Pangandaran

Posting by Admin

jual obat agar ASI tidak Kering di Pangandaran Bolehkan orang hamil memakan nanas Sebagian besar wanita paham bila menkonsumsi buah sewaktu masa hamil dan saat menyusui bayinya hal yang luar biasa. ini disebabkan buah-buahan amat bergizi dan bayi juga mendapatkan nutrisi buah yang dimakan oleh Bunda lewat ASI.  Nanas dapat dikonsumsi pada umur kehamilan sudah sepurna. Bagi Bunda yang usia kehamilannya sudah cukup sembilan bulan, dapa



66 Kali